Peraturan Baris Berbaris - PBB Pramuka


Peraturan Baris Berbaris yang digunakan di  lingkungan Pramuka ada dua  macam yakni Baris berbaris menggunakan tongkat dan tanpa tongkat. Untuk baris berbaris menggunakan tongkat memiliki tata  cara  tersendiri  di  lingkungan  Pramuka.  Adapun  baris  berbaris  tanpa  menggunakan  tongkat mengikuti tata cara yang telah diatur dalam Peraturan Baris Berbaris milik TNI/POLRI.

Apa itu Baris Berbaris ?

1.  Baris Berbaris

a.  Pengertian

Baris berbaris adalah suatu ujud latuhan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata Cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.

b.   Maksud dan Tujuan
  • Guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.
  • Yang  dimaksud  dengan  menumbuhkan  sikap  jasmani  yang  tegap  tangkas  adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh  yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga  secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.
  • Yang dimaksud rasa persatuan adalah adanya rasa senasib sepenanggungan serta ikatan yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
  • Yang  dimaksud  rasa  disiplin  adalah  mengutamakan  kepentingan  tugas  di  atas kepentingan  pribadi  yang  pada  hakikatnya  tidak  lain  daripada  keikhlasan  penyisihan pilihan hati sendiri.
  • Yang  dimaksud  rasa  tanggung  jawab  adalah  keberanian  untuk  bertindak  yang mengandung  resiko  terhadap  dirinya,  tetapi  menguntungkan  tugas  atau  sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan-tindakan yang akan dapat merugikan.
BACA JUGA

Share this

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Saran dan Kritik yang membangun agar kami bisa lebih baik di masa depan