Pengertian dan Fungsi Simpul Tali dan Ikatan

Di dalam dunia pramuka, istilah simpul, tali temali, dan ikatan tali sudah bukan barang asing lagi. Hal ini adalah salah satu hal wajib yang harus diketahui untuk anak-anak pramuka.

Tetapi seiring waktu berlalu. Ketiga hal ini mengalami peleburan arti hingga diartikan menjadi satu hal yang sama. Padahal secara harfiah, ketiga hal ini memang mempunyai perbedaan yang menonjol.



Pengertian Tali, Simpul, dan Ikatan dalam Pramuka

Tali adalah benda yang biasanya digunakan sebagai alat dalam simpul atau ikatan. Lalu simpul adalah kombinasi ikatan antara satu tali dengan tali lainnya. Sedangkan ikatan adalah hubungan antara satu tali atau lebih pada sebuah benda seperti kayu, balok dan sejenisnya untuk mengikat benda tersebut.

Fungsi Tali Temali dalam Pramuka

Tali temali atau ilmu pioneering pramuka adalah salah satu cara untuk kita mengenal lebih jauh tentang cara untuk memanfaatkan tali saat mengikat pada suatu benda dengan teknik ikatan khusus yang menjadikan fungsi dan kegunaan tali pada benda menjadi lebih maksimal.

Tali temali atau pioneering dalam pramuka sendiri biasanya digunakan untuk menyatukan dua tongkat atau lebih dalam satu ikatan simpul tali. Dengan memanfaatkan kegunaan tersebut. Ada banyak karya atau benda yang lebih berguna yang bisa diciptakan dari kreativitas antara tali dan tongkat tersebut.

Salah satu contohnya adalah :
  • Membuat tenda,
  • Membuat tandu untuk orang sakit,
  • Membuat jembatan kecil,
  • Membuat jemuran,
  • Mengikat tiang,
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah pengertian dan fungsi simpul dalam Pramuka yang juga biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Begitu banyak macam dengan kegunaan yang berbeda-beda pula. Semoga dengan mengetahui macam-macam simpul dan ikatan Pramuka ini bisa membantu kamu dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan alat bantu berupa tali. Semoga bermanfaat.
BACA JUGA

Share this

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Saran dan Kritik yang membangun agar kami bisa lebih baik di masa depan